Selasa, 17 April 2018

Alat Cara Membuat Website Di Blogspot Offline

Bagaimana alat cara membuat website dari blogspot secara online? Penulis cukup berpengalaman bergelut dalam teknologi informasi pemrograman web blogspot yang ditangani secara offline. Memang, eksekusi hasil website akan dilakukan secara online. Ke-offfline-nan blogspot bisa bekerja. Tidak seperti blog Wordpress yang tidak bisa dijalanan secara offline full. Lalu bagaimana cara membuatnya?


Sebelum pembahasan hal alat cara membuat website di blogspot offline, ada pengertian yang perlu diprcahkan terlebih dahulu. Apa yang di maksud website? Web menurut KBBI adalah sistem untuk mengakses, memanipulasi dan mengunduh dokumen hipertaut yang terdapat dalam komputer yang dihubungkan melalui internet. Bagaimana dengan makna website? Site sendiri berasal dari bahasa Inggris yang artinya tempat. Jadi, bila dipahami secara istilah, website adalah web yang tersimpan dalam suatu hosting dan memiliki alamat tertentu atau biasa disebut domain dengan TLD-nya alias top level domain seperto com dan lainnya.

Lalu bagaimana alat cara membuat website di blogspot offline? Seperti inilah alatnya.

Siapkan Template Website Blogspot Mentah Dan Template Hasil Save

Cara pertama membuat website di blogspot adalah file website alias template xml blog. Anda harus menyiapkan file template xml blogspot terlebih dahulu. Anda bisa mencari template di banyak tempat. Banyak yang dibagikan gratis atau berbayar. Bila sekedar belajar, anda bisa memilih yang gratisan saja. Bisa juga dari Blogger itu sendiri tetapi kurang bagus. Ada banyak template untuk blogger alias blogspot yang bagus-bagus.

Bila sudah menemukan template yang bagus, anda bsa melihat hasil blognya alias demo-nya. Hasil tampilan template yang sedang dilihat itu, anda bisa mendownload-nya alias men-save-nya sebagai bahan pembelajaran membuat blog secara offline. Lalu anda namai dengan nama, misal “kumpul artikel 7” maka akan menjadi “kumpul artikel 7.htm”

Siapkan Alat Browser Mozila Untuk Menjalankan Website

Alat berikutnya sebaga cara membuat website di blogspot adalah browser. Untuk masalah browser, anda bisa memilih apa saja. Biasanya penulis memakai browser untuk mengetahui hasil secara online lewat file yang sudah di simpan tadi dengan nama “kumpul artikel 7.htm”. Anda pun bisa meniru langkah ini. Mengapa perlu browser? Lah, bagaimana mau bisa melihat hasil sebuah website? Jadi inilah alat pertama sebagai cara membuat website di blogspot secara ofline.

Siapkan Alat Dreamweaver Pembuat Website Tanpa Perlu Penulisan Coding

Penulis tidak mengetahui alat selain Dreamweaver sebagai alat membuat website terkhusus untuk website blogspot. Penulis sudah terbiasa membuat tempate website blogspot dengan menggunakan Dreamweaver. Langkah kerjanya memang mudah. Ada bagian body coding, body preview dan body keduanya. Memang, anda akan mengeluarkan uang besar dan tidak bisa membeli Dreamweaver karena harus menggunakan kartu kredit. Bisa mencoba dengan versi trial

Mengukur Responsive Sebuah Website Dengan Tool Responsive

Cara membuat website terkini adalah dengan menggunakan teknik responsive. Biasanya ditandai dengan @media. Ke-responsive-an suatu website bergantung bagaimana pengkodean di dalam @media. Maka dari itu, untuk memastikan hasil yang memuaskan, anda membutuhkan tool responsive. Biasanya penulis memakai www.responsinator.com. Alat ini sepertinya cukup vallid dalam menilai ke-responsive-an suatu website dengan beberapa ukuran ponsel dan tablet.

Tetapi, anda jangan mengira bahwa pengerjaan itu dilakukan secara online. Penulis mengecek keresponsivan suatu website dengan cara online. Penulis melakukan itu dengan cara offline. Bagaimana caranya? Gampang. Anda bisa men-save atau men-download terlebih dahulu situs di atas agar menjadi file offline yang tersimpan di dalam komputer.

Ketika sudah berbentuk file, anda bisa menjalankan file website tool responsive ke dalam Dreamweaver. Biasanya ada kode yang harus diganti menyesuaikan dengan nama file website blogspot yang sudah di-download. Tentunya, mengganti nama di kolom seperti yang ada di bawah. Lihat di kata “kumpul artikel 7.htm”. Itu adalah file nama website yang akan diuci-cobakan hasil resposivenya.

<iframe id="iphone-5-portrait" src="kumpul artikel 7.htm"></iframe>

Lebih lengkapnya seperti ini untuk layar ukuran width: 240px:

<div class="deviceWrap iphone-5-portrait">
<div class="device" style="height: 504px; padding-bottom: 44px; padding-top: 20px; width: 240px;">
<div class="flashingTop" style="height: 20px; width: 240px;">
<span class="time">11:14 AM</span></div>
<div class="flashingBottom" style="height: 44px;">
</div>
<iframe id="iphone-5-portrait" src="kumpul artikel 7.htm"></iframe></div>
<!-- /device -->
</div>
<!-- /deviceWrap -->
<div class="deviceTitle">
<a href="http://www.responsinator.com/?url=http://ungkapancintaelbuy.blogspot.co.id&amp;device=iphone-5&amp;orientation=portrait"><i>iPhone 5 portrait • width: 240px</i></a></div>

Hasilnya:


Hasil diatas tidak sempurna karnea berjalan secara online atau scrip terputus karena sudah di-save. Anda bisa me-reset ketika dalam kondisi online. Begitulah alat cara membuat website di blogspot.

Masih sulit mengenai penggunaan alat cara membuat website di blogspot? Tunggu pembahasan kelanjutannya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon