Kamis, 24 Mei 2018

Title Tag, Meta Description, Dan Heading Tag Seo Friendly Di Blogspot

Seorang pemrogram web harus memahami bagaimana pengaturan title tag, meta description dan heading tag yang dianggap memenuhi standar SEO friendly. Hal ini bukan masalah aturan SEO semata melainkan pengaturan kode pemrograman alias kode yang harus diterapkan di dalam web blog, dalam hal ini di blogspot.


Blogspot cenderung template atau CMS yang kurang dalam SEO pada awal-awalnya. Tidak seperti Wordpress yang sudah ditangani plugin SEO tertentu. Maka dari itu, anda yang bukan seorang pemrograman pun harus mengerti bagaimana mengatur kode pemrograman untuk blog. Apalagi, anda ingin menjadi seorang pemrograman web blog, anda harus mengerti bagaimana pengaturan title tag, meta description dan heading tag.

Title Tag Seo Friendly Di Blogspot

Bila anda membuat blog di blogspot mengandalkan template dari Blogger, anda akan melihat kode title tag seperti yang dijelaskan di bawah.

<title><data:blog.pageTitle/></title> alias “Nama Judul Blog”

Secara SEO blog, kode di atas belum dianggap sempurna. Mengapa? Title tag bukan hanya milik homepage. Titile tag juga milik halaman artikel. Ketika pengunjung membuka halaman artikel, title tag harus berubah. Masalahnya, title tag di atas tidak akan merubah title artikel. Hasilnya akan seperti: Nama Judul Blog – Judul Artikel. Judul seperti ini tidak SEO frendly karena duplikasi title artikel.

Harusnya, pemberian kode title untuk blog blogspot seperti di bawah ini.

<b:if cond="data:blog.pageType in {&quot;index&quot;} and data:blog.homepageUrl == data:blog.url">
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:else>

<b:if cond="data:blog.pageType in {&quot;archive&quot;,&quot;static_page&quot;}">
<title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
<b:else>

Kode di atas sudah dianggap SEO friendly karena bisa merubah title tag dari homepage ke title tag artikel. Anda bisa perhatikan kode yang bisa digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan kode. Lebih lengkapnya, bisa dibaca di sini

Meta Description Seo Friendly Di Blogspot

Dahulu kala, blogspot tidak memiliki kolom meta deskripsi sehingga harus membuat kode khusus untuk bagian meta deskripsi. Sekarang, Blogspot sudah memiliki kolom sendiri. Artinya, pemrograman atau pengguna blogspot tidak perlu susah payah membuat kode khusus. Lagi pula, meta deskripsi bersifat opsional yang tidak berlaku untuk blog gado-gado (ketika menarget homepage).

Tetapi, bila anda menginginkan menerapkan plugin SEO buatan, kode pemrograman harus memenuhi standar SEO. Ada salah satu template wordpress yang sudah menyediakan plugin SEO tetapi meta deskripsi tampil sebagai judul. Kode seperti ini kacau. Tetapi ini hanya berlaku du template wordpress.

Heading Tag Yang Seo Friendly Di Blogspot

Blogger memang secara default tidak memiliki aturan heading secara standar SEO. Yakni heading judul postingan dan sidebar memiliki heading yang sama yakni sama-sama h2 ketika posisi dalam keadaan homepage. Memang tidak terlalu parah. Tetapi, bagian sidebar seharusnya di bawah h2 yakni h3 atau h4. Inilah yang harus secara manual dirubah. Biasanya harus ada dua kode CSS yang menyamain untuk perubahan yakni h2 dan h3 (kalau merubah menjadi h3). Tujuan kode ini untuk menghindari perubahan tampilan.

Contoh kebutuhan kode agar bisa samaan adalah seperti ini.

.sidebar h2, .sidebar h4 {kode CSS yang bisa menampilkan hal yang sama untuk h2 dan h4}

Nah, seperti itulah.

Tetapi ada pula template yang masih mengikuti template standar blogspot yang sudah tersedia di member area Blogger. Heading h2 yang seharusnya untuk judul artikel (ketika masih tampilan di homepage) malah masih h3. Walaupun bukan bawaan dari Blogger, anda harus merubah itu agar otomatis menjadi h2 untuk judul artikel.

Kesimpulannya, heading blog yang seo friendly adalah sebagai berikut:

Judul blog h1
Judul artikel h2
Sidebar h3/h4
Footer h4/h5

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon